Salah satu kunjungan wisata di Turki adalah ziarah ke masjid dan makam sahabat nabi yaitu Abu Ayyub Al Anshari yang terletak di kota Istanbul Turki. Siapakah Abu Ayyub Alanshari, bisa dilihat di referensi, misalnya Wikipedia.

Dikutip dari wiki.
Abu Ayyub al-Anshari (أبو أيوب الأنصاري) adalah seorang sahabat Nabi Muhammad yang paling tua sekali. Di antara kemuliaannya adalah singgahnya Nabi Muhammad selama kurang lebih tujuh bulan di rumahnya ketika datang hijrah dari Mekkah ke Madinah. Abu Ayyub hidup pada zaman Abu Bakar, Umar, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Abu Ayyub meninggal di Konstantinopel ketika tentara Kekhalifahan Umayyah coba menyerang kota itu. Setelah Sultan Muhammad II menahlukkan Konstantinopel pada tahun 1453, makam Abu Ayyub dipindahkan ke tepi benteng Konstantinopel di Istanbul seperti yang diwasiatkannya. Di samping makam beliau dibangun Masjid Eyüp Sultan.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Abu_Ayyub_al-Anshari
 
Suasana disekitar  kawasan makam abu ayyub alanshari sangat teduh dan asri. Terdapat pohon cukup besar di dalam komplek antara masjid dan makam.
 
Suasana sekitar masjid

 

Suasana di dalam masjid dengan karpet khas Turki
Suasana di dalam masjid

 Suasana kawasan makam dan masjid sahabat nabi. Abu Ayyub Al Anshari bisa disimak di video berikut.

 
 
 
 
 

Leave a Reply

Close Menu